;

Segudang nilai positif cerita anak

 Cerita anak, siapa diantara anda yang tidak pernah mengenal kata tersebut?. Hampir semua dari kita pasti pernah mendengarkan cerita-cerita yang biasanya pada jaman dahulu didapatkan dari orangtua kita sendiri. Biasanya orangtua-orangtua kita dulu sering mendongeng untuk anak-anaknya sebelum tidur. Sampai saat ini memang masih ada orangtua yang mendongeng untuk anak-anaknya, tetapi jumlahnya semakin sedikit. Perbedaan jaman dan bertambahnya kesibukan membuat kegiatan mendongeng mulai ditinggalkan oleh para orangtua di jaman yang serba modern seperti saat ini. Kondisi semacam ini membuat anak-anak jaman sekarang tidak mengenal lagi cerita-cerita rakyat atau cerita-cerita bertemakan kisah penuh nilai luhur yang sebetulnya sangat bermanfaat untuk perkembangan jiwa dan karakter si anak sendiri.  Anak-anak jaman sekarang hanya disuguhkan oleh televisi dengan berbagai tontonan yang terkadang tidak mencerminkan nilai-nilai yang baik untuk dijadikan contoh. Bila kita termasuk orangtua yang sangat peduli terhadap perkembangan jiwa dan moral anak-anak kita, tidak ada salahnya anda meluangkan waktu sedikit untuk mendongengkan anak-anak anda.
Tidak perlu repot, anda bisa bercerita tentang cerita anak yang pernah anda dengar sewaktu anda kecil dulu, seperti cerita pinokio, timun emas, putri tidur, putri salju, asal mula danau toba, cerita kepahlawanan Pangeran Diponegoro, Pangeran Antasari dan sebagainya. Berceritalah pada anak anda sebelum dia pergi tidur, seperti dulu anda mengalaminya sendiri di waktu kecil. Kebiasaan bercerita untuk anak sebelum tidur, akan mempererat hubungan anda dengan anak-anak anda. Hubungan anda akan tetap harmonis walaupun pada siang harinya anda sibuk dengan urusan kantor. Mendongeng tidak membutuhkan waktu berjam-jam, jadi niatkanlah untuk menyisihkan waktu untuk buah hati yang anda cintai. Bercerita juga akan memfilter anak-anak anda dari gempuran perkembangan teknologi permainan-permainan anak modern seperti ipad, atau game-game modern yang biasanya membentuk anak untuk bersikap individualis bila tidak dikontrol. Dengan bercerita pada anak, anak anda juga akan mempunyai kemampuan lebih untuk berimajinasi yang pada akhirnya akan menumbuhkan daya kreatif mereka sendiri. Biasanya dalam sebuah cerita, pasti ada 2 tokoh, tokoh baik dan tokoh jahat, lewat hal inilah anda juga bisa mengajarkan pada anak anda mana yang harus ditiru dan diteladani dan mana yang tidak boleh ditiru.
Memperkenalkan cerita anak juga akan menumbuhkan minat baca pada anak yang sangat banyak manfaatnya. Anak anda jadi akan senang membaca, dari membaca dia akan lebih cepat tahu tentang hal-hal baik dibanding anak yang tidak pernah didongengkan oleh orangtuanya. Bila anak anda sudah pandai membaca sendiri, pilihkanlah buku-buku cerita secara teliti. Saat ini banyak beredar buku-buku cerita yang isinya tidak sesuai untuk anak-anak. Damping anak-anak anda saat berbelanja buku
buku cerita, jangan hanya tertarik akan gambarnya yang menarik, tapi perhatikan juga isinya sebelum anda memutuskan untuk membeli.


TULISAN BERJALAN INI SILAHKAN DIISI DENGAN PESAN ANDA

NAMA ANDA - 23.36
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Posting Komentar