;

LAGU ANAK BESERTA MANFAATNYA

Lagu anak adalah salah satu hal yang esensial yang sebenarnya wajib ada dalam masa pertumbuhan anak-anak. Karena kita wajib tahu bahwa musik itu sendiri memiliki peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan otak anak-anak. Banyak penelitian yang sudah dilakukan oleh para ahli mengenai hal tersebut, dan hasilnya pun menunjukkan bahwa musik akan mengembangkan tingkat IQ maupun EQ. Anak-anak adalah suatu fase umur yang sangat membutuhkan rangsangan-rangsangan positif dalam berbagai hal, salah satunya adalah lagu. Namun sayangnya, saat ini keberadaan lagu anak-anak di Indonesia semakin hari semakin langka saja. Hal ini bukanlah hal yang sepele, karena tanpa adanya lagu anak yang biasanya sarat akan pesan moral itu, anak-anak Indonesia akan lebih sering mendengarkan lagu-lagu orang dewasa yang tentunya sangat tidak sesuai dengan usia anak-anak. Ketidakeksisannya lagu anak-anak saat ini tidak boleh hanya dipandang sebelah mata, ada beberapa manfaat dari lagu anak-anak yang sangat kita butuhkan, antara lain, untuk melatih otak kanan dan juga otak kiri si anak.
Kita perlu ketahui dulu bahwa otak kanan dan kiri mempunyai fungsi yang berbeda satu sama lainnya. Otak kanan pada anak akan menentukan daya kreatif, daya imajinasi, kemampuan menggambar, kemampuan dibidang musik, dan intuisi yang tajam. Sedangkan otak kiri pada anak akan menentukan kemampuan dibidang hitung-menghitung, daya pikir, dan kemampuan analisis. Lagu anak dapat berperan ganda baik di otak kanan dan otak kiri. Dengan melatih anak-anak kita bernyanyi, anak akan dapat meningkatkan kemampuan dalam bermusik dan kemampuan untuk mengingat setiap lirik dan nadanya. Selain itu, lagu khususnya untuk anak-anak juga akan membantu meningkatkan mood anak. Biasanya lagu yang berlirik dan bernada ceria akan meningkatkan mood anak secara tiba-tiba. Anda bisa menggunakan lagu khusus anak-anak bernada ceria untuk mengusir kebosanan anak anda. Dan manfaat lain dari memperkenalkan lagu bertemakan anak-anak adalah membantu anak untuk bersosialisasi. Kebanyakan tema lagu-lagu yang diciptakan untuk anak-anak biasanya bercerita tentang bermain, persahabatan dan perkenalan sehingga akan membuat jiwa si anak menjadi luwes untuk bergaul.
Walaupun sekarang ini sudah jarang didapati lagu-lagu bertemakan anak-anak, bukan berarti anda tidak bisa memperkenalkan luhurnya lagu ceria khusus anak kepada buah hati anda. Anda bisa mencari lagu-lagu bertemakan anak-anak yang tetap ada di pasaran, meskipun termasuk lagu anak klasik atau keluaran jaman dulu. Masih banyak toko-toko kaset maupun CD yang masih menjual lagu-lagu bertemakan dunia anak-anak. Biasakanlah buah hati anda untuk hanya mendengarkan lagu-lagu tersebut saja. Jangan membiasakan anak anda untuk mendengarkan lagu-lagu orang dewasa yang biasanya hanya bertemakan tentang percintaan orang dewasa. Karena bila anak anda terlalu sering mendengarkan dan menyanyikan lagu-lagu dewasa, bukan manfaat baik yang anda akan terima. Anak anda akan lebih cepat dewasa dan artinya mereka akan kehilangan keceriaan masa kecil mereka sendiri.


TULISAN BERJALAN INI SILAHKAN DIISI DENGAN PESAN ANDA

NAMA ANDA - 23.58
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Orang yang mempunyai kecerdasan musik mereka mengacu pada deteksi, identifikasi, perubahan dan kemampuan untuk mengekspresikan musik. Kecerdasan ini mencakup ritme, pitch, melodi atau sensitivitas suara . Mereka biasanya punya suara yang bagus dan dapat dengan mudah mengidentifikasi apakah iramanya tepat. Mereka sangat sensitif, mampu bekerja sambil mendengarkan musik, mereka pandai memainkan alat musik dan dapat mengingat lagu baru dengan mudah. Orang-orang dengan kecerdasan ini berpikir melalui melodi dan irama , mereka dapat belajar dengan baik melalui menulis, menyanyi, dan mengarang lagu lirik, improvisasi dan menulis jingle.

Salam kenal ya....

Salam cinta lagu2anak

Cara Belajar Anak mengatakan...

Cara belajar anak adalah dengan bermain, salah satunya dengan menyanyi..

Posting Komentar