;

Lagu anak makin langka, dimana mencarinya ?

Simak lirik lagu anak ini : " Hai... Jangan tidur dulu sebelum sikat gigi / Hai...Tidakkah kau sakit gigi.."
Lirik di atas adalah penggalan lagu anak berjudul " Sikat Gigi Dulu". Satu dari 230 lagu yang ada di portal www.marinyanyi.com  Djito karsito, inisiator dan pencipta lagu yang biasa dipanggil Ayah di portal tersebut, mengatakan situs web itu bermula dari kegelisahannya akan krisis lagu anak.  " Anak-anak menyanyikan lagu dewasa, saya risih. Padahal, lagu punya peranan penting terhadap perkembangan anak. Tapi sekarang bukan zamannya lagi marah-marah kepada industri musik, media, atau pemerintah. Lebih baik berinisiatif melakukan sesuatu." ujarnya.
Berangkat dengan keprihatinan dan semangat itu, Djito dan beberapa anak muda yang memiliki kepedulian yang sama membentuk Komunitas Mari Nyanyi dan www.marinyanyi.com. Mereka berharap Mari Nyanyi dapat menjadi referensi untuk orang tua dan anak serta dapat menjadi alat edukasi. Semua lagu di portal www.marinyanyi.com bisa diunduh dan disebarkan gratis, bahkan setiap orang dapat menyumbangkan ide tema atau lirik.
Tidak seperti pada era 1990-an, kini lagu anak-anak memang tidak banyak dipajang pada etalase-etalase media televisi ataupun radio. Namun itu bukan berarti orang tua, guru, dan orang dewasa lain lantas hanya bisa pasrah pada paparan lagu-lagu dewasa yang begitu cepat terserap anaka-anak. Dengan memanfaatkan internet, lagu anak dapat dengan mudah ditemukan.
Selain www.marinyanyi.com, lagu-lagu anak juga dapat diakses lewat www.pelanginada.com dan www.pedulimusikanak.com. Mira Julia, pendiri pelanginada.com menciptakan sendiri lagu-lagu di situs tersebut. Lagu tersebut bisa diunduh gratis, tapi situs ini pun menjual lagunya dalam bentuk CD.
Kampanye untuk mengajarkan anak lagu yang sesuai dengan tahapan perkembangannya juga terus disuarakan Karina Adistiana dan Ribut Cahyono, dua psikolog  pengggagas  Gerakan Peduli Musik Anak yang juga mengelola www.pedulimusikanak.com. Mereka merekam lagu ciptaan mereka di CD dan membaginya secara gratis.
Tidak ada salahnya kita ajarkan lagu anak lama, misalnya karangan AT Mahmud, Ibu Soed, Pak Kasur, dll.
Dunia anak adalah belajar dan bermain. Mari pilihkan lagu untuk anak dan biarkan mereka tumbuh ceria di dunianya sendiri.
(Referensi : Kompas)

TULISAN BERJALAN INI SILAHKAN DIISI DENGAN PESAN ANDA

NAMA ANDA - 23.14
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

1komentar:

Anonim mengatakan...

Salam kenal juga dari Kak Zepe.

Saya juga punya lagu2anak yang bisa diunduh GRATIS...

Mari berkunjung ke blog saya dengan klik nick saya di atas..

Salam cinta lagu2anak

Posting Komentar