;

Mengatasi kebiasaan jajan pada anak

Sebagai orang tua pasti menginginkan anak tumbuh menjadi sosok yang dapat mengelola diri dengan baik, termasuk kaitannya dengan kebiasaan jajan. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat kita coba untuk mengatasi kebiasaan jajan pada anak.
Pertama, mencoba melatih anak agar disiplin dengan jadwal makan: kapan anak mengkonsumsi makanan pokok, selingan atau penganan ringan. Dengan demikian, perlahan anak akan tahu dan terbiasa dengan jadwal untuk jajan. Ketika suatu waktu ibunya tidak memasak, sehingga harus membeli makanan di luar rumah, maka itu hanya sekali tempo dan memang ada alasan tepat kenapa "jajan" diluar.
Kedua, memberi penjelasan yang mudah dipahami mengenai alasan mengapa kita melarang mereka untuk terlalu sering makan/jajan diluar. Kita jelaskan, bahwa makanan yang dijual bebas diluar belum tentu sehat. Misalnya ada zat-zat tambahan berbahaya, seperti MSG, Sakarin, dll.
Ketiga, terkadang keinginan anak untuk membeli jajan bukan karena memang anak lapar, tetapi karena mungkin sekedar ikut-ikutan teman-temannya saja. Hal ini perlu kita kendalikan dengan cara mengalihkan perhatian anak agar ketertarikannya dengan jajanan tersebut menjadi terlupakan.
Keempat, perlu kerjasama dengan pihak sekolah untuk dapat mengerem kebiasaan jajan. Dengan pengkondisian ini, lambat laun kebiasaan jajan anak akan dapat berkurang. Sambil kita mulai mencoba mengajarkan anak akan pentingnya menabung.
Referensi : Hadila, magazine


TULISAN BERJALAN INI SILAHKAN DIISI DENGAN PESAN ANDA

NAMA ANDA - 23.41
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Posting Komentar